Halaman

8 Feb 2016

Membuat laporan persediaan dengan fitur jangka waktu

Assalammualaikum pembaca yang budiman…Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk luangkan waktu dan ide untuk sharing tips untuk modifikasi laporan persediaan agar dapat menampilkan saldo akhir per periode waktu sesuai tanggal yang kita tentukan sebelumnya.Seperti biasa ide ini muncul karena masalah yang saya temukan di pekerjaan saya, salah seorang anak buah saya yang bekerja dibagian gudang memiliki permasalah sbb:





  1. Memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikan laporan persediaan per bulan karena mutasi transaksi keluar masuk barang yang tinggi setiap bulannya.
  2. Memiliki kertas kerja excel yang sulit dibaca oleh atasan.
  3. Atasannya selalu meminta beragam periode waktu laporan termasuk didalamnnya jangka waktu antara dua tanggal.


Setelah curhat beberapa saat dengan saya, akhirnya saya berhasil membuat template yang dapat menghilangkan ke-tiga permasalahan diatas, yaitu template laporan persediaan dengan fitur jangka waktu.
Nah pada kesempatan ini saya akan membimbing anda untuk membuat template dimaksud diatas melalui beberapa tahapan sederhana, berikut cuplikannya :



Setelah anda melihat cuplikan diatas Jika anda tertarik dan penasaran bagaimana cara membuatnya, silahkan lanjut membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Langkah 1 : Persiapan template

Silahkan buka program excel anda dan buat 3 sheet baru, kemudian rename dengan 3 nama berikut ini :
Sheet 1 = DataProduk
Sheet 2 = DaftarMutasi
Sheet 3 = Laporan
Jika berhasil, seperti ini cuplikannya

Langkah 2 : Persiapan Data Produk

Silahkan buka sheet pertama dan buat 3 kolom dengan judul sbb :
Kolom 1 = Kode Barang
Kolom 2 = Nama Barang
Kolom 3 = Saldo Awal
Jika berhasil seperti ini cuplikannya.

Untuk mempersingkat waktu dan penyederhanaan penyajian sengaja saya hanya menyediakan 9 jenis barang, namun pada kenyataannya jenis barang disini bisa berjumlah sangat banyak, Apabila anda mengetahui basic-nya maka jumlah yang terbatas ini bisa dirubah-rubah sesuai kebutuhan.
Kemudian silahkan isi ke-tiga kolom dimaksud diatas dengan data anda, dalam contoh kali ini nama propinsi saya jadikan nama barang dengan saldo awal masing-masing 10 unit.

Langkah 3 : Persiapan Daftar Mutasi

Silahkan buka sheet ke-dua dan sorot cell A1 kemudian ketik “Dari”
Kemudian sorot cell A2 dan ketik “ sampai”
Sorot cell B1 dan beri rumus =Laporan!I2
Sorot cell B2 dan beri rumus =Laporan!I3
buat 8 kolom dengan judul sbb :
No.
Tanggal
Kode
Nama
Masuk
Keluar
TF
SA

Jika berhasil seperti ini cuplikannya.

Kemudian untuk mengisinya isiannya, berikut penjelasannya
Kolom No :                  isi dengan nomor urut
Kolom Tanggal :          isi dengan tanggal transaksi keluar/masuk barang
Kolom Kode :              isi dengan kode barang yang telah kita buat sebelumnya di sheet “Data Produk” sesuai transaksi kejadian sehari-hari.
Nama :                         pada cell D5 isi dengan rumus =VLOOKUP(C5,DataProduk!$A$2:$B$10,2,0) kemudian copy rumus tersebut kebawah s/d baris ke 38, tujuannya agar nama barang muncul secara otomatis.
Masuk :                        Isi dengan nominal barang masuk
Keluar :                        Isi dengan nominal barang keluar
TF :                              Kolom ini berfungsi mengeluarkan hasil TRUE atau FALSE jika periode laporan sesuai dengan tanggal transaksi, adapun caranya adalah dengan menyorot cell G5 kemudian isin dengan rumus  =AND($B$1<=B5,$B$2>=B5) kemudian copy rumus tersebut kebawah s/d baris ke 38
SA:                              Kolom ini berfungsi sebagai alat bantu kita untuk menghitung saldo awal per kode barang pada sheet laporan agar setiap kali user merubah jangka waktu maka kolom saldo awal dapat terupdate secara otomatis, adapun caranya adalah dengan sorot cell H5 kemudian isi dengan rumus =IF(B5>$B$1,0,IF(E5<>"",E5,-F5)) kemudian copy rumus tersebut kebawah s/d baris ke 38
Jika anda berhasil mengikuti langkah diatas maka hasilnya seperti dibawah ini :


Langkah 4 : Persiapan Laporan

Silahkan buka sheet ke-Tiga dan sorot cell B1 kemudian ketik “PT ABC”
Sorot cell B2 kemudian ketik “Laporan Persediaan”
Sorot cell B3 kemudian masukkan rumus
="Untuk Periode "&TEXT(I2,"dd-mmm-yyyy")&" sampai dengan "&TEXT(I3,"dd-mmm-yyyy")




Kemudian mulai cell C6 s/d G6 isi dengan judul kolom seperti ini
Kode Barang
Nama Barang
Saldo Awal
Masuk
Keluar
Saldo Akhir

Berikut penjelasan masing-masing atas isi kolom-kolom tersebut diatas:
Kode barang :              Isi dengan kode barang seperti yang telah di buat pada sheet DataProduk
Nama Barang :                         Isi dengan nama barang seperti yang telah di buat pada sheet DataProduk
Saldo Awal :                Isi rumus pada cell D7 =SUMIF(DaftarMutasi!$C:$C,Laporan!B7,DaftarMutasi!$H:$H)+VLOOKUP(B7,DataProduk!$A$2:$C$10,3,0) kemudian copy kebawah sampai cell D15
Rumus diatas dimaksudkan agar setiap kali ada perubahan pada tanggal periode awal, maka otomatis angka saldo awal akan menyesuaikan secara otomatis.
Masuk :                                    Isi rumus pada cell E7
=SUMIFS(DaftarMutasi!E:E,DaftarMutasi!$C:$C,Laporan!B7,DaftarMutasi!$G:$G,"TRUE") kemudian copy kebawah sampai cell E15

Keluar :                                    Isi rumus pada cell F7
=SUMIFS(DaftarMutasi!F:F,DaftarMutasi!$C:$C,Laporan!B7,DaftarMutasi!$G:$G,"TRUE") kemudian copy kebawah sampai cell F15
Saldo Akhir :               Isi rumus pada cell G7
                                    =D7+E7-F7  kemudian copy kebawah sampai cell G15

Langkah terakhir adalah
Sorot H2 kemudian ketik “Tanggal Awal”
Sorot H3 kemudian ketik “Tanggal Akhir”
Sorot I2 kemudian isi dengan tanggal awal, khusus contoh saya berikan tanggal 2-Jul-15
Sorot I3 kemudian isi dengan tanggal akhir, khusus contoh saya berikan tanggal 12-Oct-15

Bila berhasil seperti ini hasilnya


Langkah 5 : Uji Coba

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah ujicoba khusus di sheet Laporan, bila anda melakukan langkah-langkah yang telah saya jelaskan diatas maka berikut beberapa check list :

  1. Periode laporan yaitu Cell B3 akan berubah secara otomatis sesuai tanggal awal dan akhir pada cell I2 dan I3.
  2. Kolom Saldo Awal akan berubah secara otomatis sesuai tanggal awal dan akhir pada cell I2 dan I3


Bila ke-dua checklist diatas telah terpenuhi maka saya ucapkan selamat dan seperti biasa untuk download template yang sudah jadi anda dapat download disini.

Salam
Eka Anugeraha






1 komentar:

sudiro mengatakan...

mantap bang...sangat membantu sekali dikantor