Halaman

Automatic Adjusting entry

Momen-momen pada saat tutup buku tahunan yang biasanya sering terlambat, akhirnya manager accounting menerima laporan draft final beserta kertas kerjanya berupa Trial Balance. Singkat cerita setelah laporan keuangan direview diputuskan akan diadakan perubahan untuk akun-akun neraca. Perubahan tersebut dituangkan dengan membuat beberapa journal entry yang biasa disebut dengan CAJE (Client Adjustment Journal entry).

Masalah baru timbul pada saat waktu kian mendesak, untuk memasukkan adjusting entry pada kertas kerja WTB auditor ternyata memakan waktu cukup lama, tiba-tiba terbesit didalam hati “ adjustment entry kan sudah dibuat , untuk apa kerja dua kali seperti ini” ditambah lagi WTB nya harus kita edit secara manual satu persatu sesuai dengan kode akun.
Saya merasa Auditornya kurang berpengalaman, untuk membuat adjusting entry pada trial balance ternyata dikerjakan secara manual angka ketikan….duh…harusnya ada cara singkat untuk meng-integrasikan trial balance dengan adjusting entry.
Dari cerita singkat diatas kali ini saya mencoba untuk mengutak-atik Trial balance agar dapat saya setting agar dapat terisi sendiri tanpa perlu proses manual.

Langkah pertama

Sebagai contoh saya akan membuat neraca PT ABC. 


Langkah kedua

Saya akan membuat contoh kertas kerja untuk membuat adjusting journal entry

Langkah ketiga

Kembali ke sheet Neraca untuk kemudian kita beri rumus.

Kolom debit      : =SUMIF(CAJE!$C:$C;NERACA!B10;CAJE!$E:$E)
Kolom Kredit    : =SUMIF(CAJE!$C:$C;NERACA!B10;CAJE!$F:$F)
Jika sudah copy rumus tersebut sampai kebaris paling bawah

Langkah ke empat


Kembali ke sheet kertas kerja, lalu sorot cell dibawah kolom account name dengan rumus berikut:
=IF(C7<>"";VLOOKUP(C7;NERACA!$B$10:$C$48;2;FALSE);"")
Jika sudah copy rumus tersebut sampai kebaris paling bawah dan selamat pekerjaan kita sudah selesai. Sekarang kita lakukan pengetesan sederhana saja, silahkan kembali ke kertas kerja lalu isi dengan sembarang kode apa saja yang ada pada sheet neraca, perhatikan gambar dibawah ini:
Lalu perhatikan apa yang terjadi pada sheet Neraca, jika anda melakukan dengan benar maka otomatis kolom adjusting entry akan langsung terisi sesuai dengan jurnal yang telah kita buat di sheet kertas kerja. Sederhana bukan.
Nah dengan demikian jurnal apapun yang akan dibuat, cukup dikerjakan satu kali saja di kertas kerja CAJE, apabila sudah selesai, maka neraca akan otomatis terupdate, ini merupakan hal yang simple namun sangat membantu pekerjaan.
Oke pembaca yang budiman sampai disini sekian dulu artikel ini saya buat, seperti biasa silahkan download file yang telah saya buat bila anda ingin mempelajarinya lebih dalam lagi. 
Jurnal penyesuaian otomatis

Syukron

Tidak ada komentar: